Apa Itu Wayang Golek Cepak? Berikut Penjelasannya!








Mungkin bagi sebagian orang, tidak terlalu mengetahui tentang jenis kesenian satu ini. itu karena di jaman sekarang ini wayang golek cepak tidak begitu familiar di telinga masyarakat. Wayang golek cepak atau bisa juga disebut wayang papak merupakan salah satu dari ragam kesenian wayang yang terbuat dari bahan kayu.

Digunakan sebagai media penyebaran Islam di Nusantara, Sunan Kudus memperkenalkan budaya wayang yang terbuat dari kayu, yang kemudian disebut sebagai wayang golek. karena wayang golek sendiri adalah hasil dari perkembangan wayang kulit, Sunan kudus membuat wayang dari material kayu yang ditujukan agar dapat digelar sebagai media dakwah Islam pada waktu siang hari dikarenakan wayang kulit yang merupakan seni pertunjukan bayangan. Namun tidak terbatas di siang hari, wayang golek cepak ini juga bisa di pertunjukan di malam hari sebagaimana wayang pada umumnya.

Kemudian  kesenian wayang golek Cepak ini berkembang di sekitar pantai utara pulau jawa dari cirebon hingga pekalongan

Kesenian tradisional ini kemudian terkenal di daerah Indramayu dan Cirebon. Golek berarti boneka, sedangkan “cepak” diambil dari bentuk kepala wayang yang papak (rata). Karena bentuk fisiknya inilah, wayang ini dinamakan wayang golek cepak.

Begitu penjelasan singkat tentang wayang golek cepak ini, lantas apa perbedaan dengan wayang golek dari tanah sunda?

Tentang beberapa perbedaanya, kalian bisa klik ling berikut : perbedaan wayang golek cepak dan wayang golek sunda



0 Komentar