Wayang Bocah dapat diartikan sebagai wayang wong yang ditarikan, dimainkan, dan diperankan oleh anak-anak dari usia 5-15 tahun. Pembelajaran Wayang bocah mengandung nilai-nilai positif yang dapat digunakan untuk pendidikan karakter anak. Seperti misalnya disiplin, kreatif, rasa ingin tahu, komunikatif dan juga bertangung jawab.
Dalam seni petunjukan wayang, penulis akan memperdalam mengenai masalah manusia, kesenian, kebudayaan dalam konteks wayang bocah khususnya dalam segi pendidikan.
Manusia, Kesenian, Kebudayaan dalam konteks Wayang Bocah
wayang wong. Pada tahun 1731, Sultan Amangkurat I menciptakan wayang wong (wayang orang) Wayang wong adalah wayang yang terdiri dari manusia dengan mempergunakan perangkat atau pakaian yang dibuat mirip dengan pakaian yang ada pada wayang kulit. Jadi sederhananya wayang wong adalah pertunjukan drama tari dari wayang purwo. Wayang wong dimainkan oleh orang-orang yang telah dirias sedemikian rupa seperti tokoh wayang kulit purwa lengkap dengan pakaian dan perhiasannya, para pemain aktif berdialog selama memerankan wayang wong. Namun dalang tetap menjalankan masalah cerita dan suluk tetap ada.
Konsep wayang wong akan menguatkan pengertian wayang bocah. Berdasarkan literature dan pengamatan di lapangan oleh penulis, menguatkan pengertian wayang bocah yaitu pengembangan seni pertunjukan wayang wong yang dihasilkan. Pengembangan wayang bocah cerita disesuaikan dengan pola pikir anakanak tetapi tidak meninggalkan pakemwayang wong yang sudah ada. Wayang bocah merupakan salah satu sarana untuk membentuk generasi penerus baru dan menjadi sarana untuk menanamkan pendidikan karakter yang efektif.
Jika lebih bisa berfikir secara luas dan sedikit meninggalkan adat lama untuk sebuah perubahan yang positif mungkin bisa membuat wayang lebih digemari anak-anak atau generasi muda, misalnya dengan adanya dalang bocah, anak-anak akan lebih bisa menyimak dan mengerti jalan cerita.Waktu atau durasi tayangnya juga bisa disesuaikan atau diperpendek dengan porsi anak-anak, ceritanya bisa disingkat, dapat dipotong bebeapa adegan dan dialog, namun bias dibuat cerita bersambung, bahasa sehari-hari dikemas dan mudah dipahami namun tanpa merubah seni dan isi cerita itu sendiri. Dengan segala upaya tersebut, diharapkan anak-anak menjadi penonton utama tidak mengalami kebosanan.
Wayang Bocah dalam Kesenian
Konsep wayang wong akan menguatkan pengertian wayang bocah. Berdasarkan literature dan pengamatan di lapangan oleh penulis, menguatkan pengertian wayang bocah yaitu pengembangan seni pertunjukan wayang wong yang dihasilkan. Pengembangan wayang bocah cerita disesuaikan dengan pola pikir anakanak tetapi tidak meninggalkan pakemwayang wong yang sudah ada. Wayang bocah merupakan salah satu sarana untuk membentuk generasi penerus baru dan menjadi sarana untuk menanamkan pendidikan karakter yang efektif
Wayang Bocah dalam Manusia
Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda dari segi biologis, rohani, dan istilah kebudayaan atau secara campuran. Dan penggolongan yang utama adalah berdasarkan jenis kelamin antara laki-laki dan perempuan, anak laki-laki muda (putra), dewasa (pria), Sedangkan anak perempuan muda (putri), dewasa (wanita). Selain itu dapat digolongkan berdasarkan usia mulai dari janin, bayi, balita, anak-anak, remaja, akil balik, pemuda/I, dewasa dan (orang) tua.
Pada mulanya wayang wong adalah pria, seperti pada pertunjukan ludruk di Jawa Timur, Wayang bocahadalah perkembangan dari wayang wongitu sendiri, wayang wong yang diperankan seluruhnya oleh anak-anak, sesuai jenis kelamin usia 5-15 tahun baik itu pria atau wanita terlibat di dalamnya. Pengembangan cerita disesuaikan dengan pola pikir anak-anak tetapi tidak terlepas dari pakem yang sudah ada.
Wayang Bocah dalam Kesenian
Seni adalah ekspresi jiwa manusia yang tertuang dalam berbagai bentuk karya seni refleksi kehidupan manusia dituangkan melalui media seni dalam bentuk karya seni. Semu cabang seni (tari, music, seni rupa, teater dan sastra) memiliki nilai yang dapat ditrasformasikan dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam seni terdapat simbul-simbul kehidupan yang memiliki makna mendalam tentang hakikat hidup (hajar Pamadhi : 2007.14). Menurut Ki Hajar Dewantara Seni yaitu segala perbuatan manusia yang timbul dari hidup parasnya dan bersifat indah, sehingga dapat mengerakkan jiwa perasaan manusia (1962, p.330).
Kesenian merupakan salah satu bagian dari budaya serta sarana yang dapat digunakan sebagai cara menuangkan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia. Kesenian selain sebagai sarana untuk mengekspresikan rasa keindahan, juga memiliki fungsi lain yaitu mempererat ikatan solidaritas suatu masyarakat. Secara konteks sederhana kesenian adalah sesuatu yang sifatnya menghibur dan secara mendalam kesenian menjadi alat atau sarana manusia untuk mengekspresikan dirinya.
Begitu banyak bentuk kesenian mulai dari yang tradisional hingga kesenian kontemporer. Secara garis besar, beberapa bentuk kesenian tersebut dapat digolongkan sebagai berikut : seni musik, seni rupa, seni tari, seni pertunjukan. Sebagai media tontonan seni pertunjukan tradisional harus dapat menghibur penonton, menghilangkan stress dan menyenangkan hati, juga tidak ada kaitanya dengan upacara ritual. Salah satu seni pertunjukan adalah pertunjukan wayang.
Cerita yang di perankan dalam wayang bocah selalu berganti-ganti yang dimaksudkan agar anak-anak tidak bosan dengancerita yang sama, sedangkan untuk penokohan wayang bocah diambil dari cerita Ramayana, Mahabarata dan cerita panji. Penokohan akan disesuaikan dengan kemampuan anak dan karakter anak, dialog dalam wayang atau bisa disebut antawena/pucapan yang ada dalam bocah biasanya susah dibuat dalam naskah.
Pengembangan peran dalam kesenian dari generasi ke generasi selanjutnya di dasarkan pada prinsip serta tujuan awal dari sebuah lembaga atau sanggar/ padepokan tersebut bahwa kesenian tidak hanya menjadi ketrampilan akan tetapi menjadi setrategi dalam menjaga peradaban masyarakat secara kontekstual. Oleh sebab itu munculah beberapa tradisi atau jenis pertunjukan yang sifatnya sebagai tolak bala dan doa yang berkorelasi dengan kehidupan masyarakat.(Ariani : 2014, 53)
Kesenian dalam konteks wayang bocah, ditunjukkan dengan bentuk-bentuk kesenian antara lain : seni musik melalui pengiring gamelan, sinden, seni rupa melalui tat arias, pakaian latar begroun panggung.
Kesenian wayang bocah merupakan kesenian yang komperehensif yang dalam pertunjukannya memadukan unsur-unsur kesenian, diantaranya seni karawitan, seni rupa, (tatah sungging), seni pentas (pedalangan), dan seni tari (wayang orang), di samping fungsinya sebagai hiburan, kesenian wayang juga memiliki fungsi lain yaitu estetika dan serat dengan nilai-nilai luhur. Setiap alur cerita, falsafah dan perwatakan tokohnya, sampai bentuk pada kesenian wayang mengandung makna yang sangat mendalam.
Wayang Bocah dalam Kebudayaan
Pengertian kebudayaan begitu luas sehingga menyangkut segala aspek kehidupan suatu masyarakat, suku, dan bangsa. Luasnya pengertian itu menyebabkan masing-masing aspek kehidupan atau disiplin memberikan pengertian sesuai sudut pandang atau perspektifnya.
Kebudayaan merupakan hasil karya individu dan kelompok yang terbentuk di satu karya yaitu keinginan, kehendak, atau cita-cita untuk dilaksanakan melalui cipta atau upaya yang dilandasi pertimbangan rasa atau hati nurani (Sentanoue kertanegara , 2002: 166). E.B Taylor (1873 : 30) dalam bukunya "Primitive Culture" kebudayaan adalah suatu satu kesatuan atau jalinan kompleks, yang kehidupan bermasyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar. Hal tersebut menunjukkan hampir seluruh tindakan manusia adalah kebudayaan karena hanya sedikit tindakan manusia dalam rangka kehidupan bermasyarakat yang tak perlu dibiasakan dengan belajar, seperti tindakan naluri, reflex, bewberapa tindakan akibat proses fisiologi, atau kelakuan apabila ia sedang membabi buta. Bahkan tindakan manusia yang merupakan kemampuan naluri yang bterbawa oleh makhluk manusia dalam gennya bersamanya (seperti makan, minum, atau berjalan), juga dirombak olehnya menjadi tindakan yang berbudaya. Sedangkan menurut Ki Hajar Dewantara berarti buah budi manusia adalah haasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, yakni alam dan zaman (kodrat dan masyarakat) yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi kesanggupan-kesanggupan lain yang diperoleh seseorang sebagai anggota masyarakat.
Wayang sebagai media pendidikan karakter,
sejauh ini telah dilupakan sebagian besar kalangan terutama generasi anak-anak dan generasi muda lebih menggandrungi budaya asing berbasis teknologi modern (Haryanto : 2016, 3). Problematika pendidikan karakter dan budi pekerti hanyalah sebuah wacana dalam ruang-ruang dialogis tanpa ada tindak lanjut menjadi kegiatan yang nyata. Untuk merealisasikan pendidikan karakter dan budi pekerti dapat di mulai usia dini dan dengan dituangkan dalam sebuah pementasan wayang bocah. Wayang bocah adalah sebuah kesenian yang merupakan kesenian adiluhung yang diwariskan nenek moyang kepada kita, sebagai bentuk kesenian yang mempunyai nilai-nilai tentang gaya tutur dalam mendidik, nilai-nilai keindahan, nilai-nilai moral serta suri tauladan dan masih banyak lagi didalamnya (Joko Pamungkas : 2016, 4)
Seni pewayangan itu merupakan tontonan yang menarik, didalamnya terkandung nilai-nilai yang dapat digunakan sebagai acuan moral keutamaan hidup juga memiliki peranan dalam membangun budi pekerti karena serat dengan nilai-nilai keutamaan hidup, yang tidak berhenti sebagai suatu idealisme yang normative, melainkan sudah digambarkan pelaksanaanya dalam bentuk sikap dan tingkah laku atau budi pekerti.
0 Komentar