Seni Tayuban






tayuban adalah suatu kesenian tari yang biasanya di iringi oleh gamelan dan tentunya pemain kendang. Tari adalah salah satu cabang seni dimana media ungkap yang digunakan adalah tubuh. Tari juga di-ibaratkan sebagai bahasa gerak yang merupakan alat ekspresi manusia sebagai komunikasi yang universal dan dapat dinikmati siapa saja. Seni tayub ini mirip dengan seni jaipong yang sama-sama mengandung unsur keindahan dan keserasian gerak.



Tari tayub ini mirip dengan tari Gambyong, tarian ini biasanya diadakan pada acara-acara seperti pernikahan, khitanan, atau acara-acara adat lainnya.
kesenian tayub ini juga sering diadakan sebagai ungkapan rasa syukur ke hadirat Tuhan melalui media sedekah bumi ataupun pada musim panen.


Dalam perkembangannya, kesenian ini mengalami pasang surut dalam keadaannya di masyarakat. Menuai kesan miring terhadap kesenian ini terutama pada waranggana, namun saat ini kesan tersebut sedikit memudar seiring berkembangnya zaman yang semakin modern ini.

Saat ini tayub lebih sebagai hiburan  atau tontonan masyarakat.

Seni tarub juga dimaknai sebagai pagelaran seni yang dapat menghibur masyarakat dan sebagai upaya untuk melestarikan kesenian tayub itu sendiri.

Pada acara tayuban ini, biasanya para penari menari gambyong lalu sesudah tariannya selesai maka sang penari akan mengalungkan sampurnya/selendangnya pada tuan rumah atau tamu kehormatan untuk mengajaknya menari bersama.


catatan : selain wayang kulit purwa dan wayang golek cepak, cipta budi juga melestarikan seni tayuban loh!


0 Komentar